Tata CAra Niat Mandi Wajib Setelah Haid Arab Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Mandi Wajib Setelah Haid Arab Latin Dan Artinya. Mandi wajib adalah merupakan suatu kewajiban bagi seseorang yang memiliki hadats besar sehingga kalau orang tersebut tidak melaksanakannya maka orang itu tidak syah/ jadi untuk melaksanakan amal ibadah misalkan sholat, thowaf, membaca al-quran, dan yang lainya, karena suci dari hadats adalah merupakan salah satu syarat.

adapun yang termasuk hadats besar dalam arti yang mewajibkan mandi besar itu ada 6 diantaranya:1. Bersetubuh. 2. Keluar air sperma. 3. Haid. 4. Nifas. 5. Melahirkan. 6. Karena kematian namun kematian itu bukan berarti orang mati mandi sendiri tapi kewajiban bagi orang yang masih hidup untuk memandikannya.

Menurut hukum syara'/Fiqih larangan bagi orang yang masih punya hadast besar karena junub(berhubungan suami istri dan keluar air mani) adalah haram melaksanakan sholat, thowaf, menyentuh/membawa al-qur'an dan tinggal di dalam masjid dan tidak boleh membaca al'qur'an.

sedangkan haram bagi orang yang haid, nifas dan melahirkan diantaranya: tidak boleh sholat, thowaf, menyentuh/membawa al-quran, tinggal di mesjid, membaca qur'an, puasa, di cerai, lewat kedalam mesjid jikalau takut mengotori mesjid dengan darah yang keluarnya dan yang terakhir haram di pergauli.

Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Arab Latin Dan Artinya

Adapun tata cara mandi wajib itu syaratnya ada dua pertama niat dan yang kedua membasuhi seluruh tubhuh dan jangan ada yang menghalangi antara air dan badan misalkan orang yang menggunakan pembalut karena luka atau apa saja. Nah untuk itu kami disini akan berbagi tata cara dan bacaan lafadz niat mandi wajib setelah haid/menstruasi yang benar dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya.

mengapa kami disini memberikan bacaan niat mandi wajib setelah haid? karena menurut kami lebih penting sebab keadaan wanita yang haid itu pada masa sekarang masih usia SD juga sudah mengalami haid yang mungkin masih belum faham benar tata cara mandi wajib dan bacaan doa serta niatnya tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga masih belum faham atau karena mungkin lupa lagi inilah tata cara dan bacaan mandi besar setelah haid seperti di bawah ini:

1. Niat dengan bacaan:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى


NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Bisa juga dengan Lafadz bacaan seperti:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى


NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL AKBARI PARDHO LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :"Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala.

2. membasuhi seluruh anggota tubuh

Catatan: Bacaan niat di bersamaan dengan tibanya air keanggaota tubuh dari mana saja memulainya bisa dari kepala dulu, tangan, kaki dan lain sebagainya.

Demikian yang dapat kami sampaikan bacaan lafadz niat mandi besar setelah haid yang benar dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya, seperti sebelumnya kami telah berbagi bacaan doa sehari-hari seperti doa qunut, doa sebelum tidur, doa bangun tidur dan masih banyak yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Advertisement