Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat

Advertisement
Advertisement
Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat. Sholat hajat adalah merupakan sholat sunat yang dilaksanakan ketika kita memiliki keinginan yang sifatnya baik menurut hukum ajaran Islam dalam menempuh perjalanan hidup di dunia ini demi tercapainya kebahagiaan dunia dan akherat, karena semua orang dalam menjalani kehidupannya selalu mengharapkan kesuksesan dalam segala hal.

Dengan harapan seperti itu kita bersandarlah kepada Alloh SWT dengan cara berdoa atau melaksanakan sholat hajat, karena secara bahasa sholat juga adalah doa maka alangkah baiknya setiap kali kita punya keinginan selalu melaksanakan sholat hajat, Insya Alloh atas kasih sayangnya Alloh SWT akan mengabulkannya segala apa yang kita harapkan, namun dalam mengabulkan hajat kita Alloh SWT itu atas kehendaknya bukan atas kemauan kita karena Alloh maha mengetahui atas segala-galanya untuk keselamatan seorang hambanya.

Adapun waktu melaksanakan sholat hajat sebetulnya tidak ada ketetapan yang pasti sehingga sholat hajat bisa dilaksnakan pada siang ataupun malam hari tergantung situasi dan kondisi kita yang akan melaksanakannya, asalkan jangan pada waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat, maka untuk itu sebelum kita melaksanakan sholat baik shalat istikharah, taubat, tahajud, dhuha dan yang lainnya terlebih dahulu kita harus mengetahui waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat.

Waktu Dan Tata Cara Niat Serta Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat

Adapun waktu yang yang diharamkan diantaranya:
1. Sesudah sholat subuh sampai terbitnya matahari.
2. Saat terbitnya matahari sampai matahari mencapai kesempurnaan dalam terbitnya.
3. Saat matahari mencapai titik lurus dengan benda sampai tergelincirnya matahari.
4. Sesudah melakukan sholat ashar sampai terbenamnya matahari.
5. Saat matahari terbenam sampai matahari telah sempurna dalam terbenamnya.
Itulah waktu-waktu yang diharamkan melaksanakan Sholat wajib/ fardhu dan sunat.

Adapun tata cara dan bacaan sholat hajat sama seperti melaksanakan sholat-sholat biasa saja hanya pada bacaan niatnya saja yang membedakan antara sholat dan sholat yang lainnya, namun yang harus kita fahami adalah bagai mana cara kesempurnaan dan keutamaan waktu melaksanakan sholat hajat.

Bacaan Niat Sholat Hajat Arab Latin dan Artinya:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


“Ushalli Sunnatal haajati raka’ataini lillahi Ta’aala”.

“Aku niat shalat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Hajat
Sebelum mengerjakan shalat hajat tentu saja diawali dengan membaca niat shalat hajat seperti diatas, kemudian setelah Niat,
1. Membaca doa iftitah
2. Membaca Surat Al-Fatihah
3. Membaca salah satu surat Al-Qur’an yang anda ketahui. Alangkah lebih baiknya membaca Al Kafirun 10 x di rakaat pertama sedangkan pada rakaat kedua membaca surat Al Ikhlas 11x
4. Ruku’ dengan membaca tasbih tiga kali
5. I’tidal dengan membaca bacaannya
6. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
7. Duduk diantara dua sujud sambil membaca bacaannya
8. Sujud dengan membaca tasbih 3 kali
9. Setelah rokaat pertama, lakukan rakaat kedua seperti tata cara pada rakaat pertama, kemudian pada tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Kemudian berdoa seperti bacaan doa sholat hajat di bawah ini:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Demikian yang dapat kami sampaikan Waktu dan tata cara niat serta bacaan doa setelah sholat hajat yang benar lengkap dalam bahasa arab latin dan artinya semoga dengan sholat hajat ini kita mendafat manfaat, fadhilah, keutamaan dan hikmah serta keistimewaan dari pada sholat hajat yang telah kita lakukan dan Alloh mengabulkannya segala apa yang kita inginkan. sekiat dan terima kasih semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiiiiin

Advertisement