Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istikharah Arab Dan Latin

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istikharah Arab Latin Dan Artinya. Shalat istikharh adalah merupakan sholat sunat yang dilaksanakan ketika seorang hamba memiliki khasrat dan kemauan yang masih diragukan dalam hatinya kerena tidak tau pasti atas kebaikan hal tersebut, karena kita ini sebagai manusia yang hanya bisa merencanakan sedangkan untuk menetukannya segala apa yang kita rencanakan adalah Alloh SWT.

Maka untuk supaya bisa tau baik dan buruknya segala apa yang kita rencanakan solusi yang paling baik adalah dengan melaksanakan sholat istikharah, karena arti sholat ini secara bahasa adalah doa (memohon) dan istkharah adalah kebaikan jadi dengan istikharah adalah kita minta petunjuk kebaikan kepada Alloh SWT supaya benar-benar kita ini berada pada jalan kebaikan dan selalu mendapatkan ridlo serta bimbingan hidayah taufiq dari Alloh SWT.

Untuk melaksanakan sholat istikharah sebetulnya tidak memiliki ketentuan waktu sehingga bisa dilaksanakan kapan saja siang maupun malam, namun pada umumnya orang melaksanan sholat istikharah itu adalah pada waktu malam, karena pada malam hari itu ada yang dinamakan saatul ijabah (waktu tertentu yang dijanjikan akan diijabahnya do'a) terutama pada sepertiga waktu malam terakhir menjelang waktu shubuh.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Shalat Istikharah Arab Latin Dan Artinya

Sedangkan Jumlah Raka’at Shalat Istikharah ini sendiri mempunyai jumlah 2 Raka’at dan cara mengerjakan Shalat Istikharah masih sama seperti mengerjakan Shalat – Shalat pada umumnya seperti , sholat fardhu,  sholat taubat hanya pada bacaan niatnya saja yang beda, maka untuk itu kami disini akan memberikan penjelasan tentang tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat istikharah dalam bahasa arab latin lengkap dengan atinya yang benar serta waktu yang paling utama untuk melaksanakannya, supaya kita bisa mendapatkan manfaat, fadlilah, keutamaan dan hikmah serta keitimewaan yang Alloh telah janjikan kepada hambanya.

Berikut ini tata cara bacaan niat sholat itikharah:

1. Membaca niat shalat istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال


USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA

“Aku Niat Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Pada rakaat pertama shalat istikharah, setelah surat al-Fatihah membaca surah al-Kafirun. Dan rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas. Namun kalu tidak bisa surat apa saja yang kita hapal, lalu salam dan membaca doa sholat istikharah.

3. Doa shalat istikharah :


اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.


ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALUKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBI. ALLOOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHINII BIHI.

Artinya :Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara niat dan bacaan doa setelah shalat istikharah, untuk supaya kita bisa lebih yakin atas segala apa yang kita rencanakan, misalnya kita ingin mendapatkan jodoh yang terbaik, perusahaan yang bermanfaat, cepat mendapatkan pekerjaan dan yang lainnya.Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua, sekian dan terima kasih.

Advertisement