Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih Paling Lengkap

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih. Sholat tasbih adalah merupakan salah satu sholat sunat yang mutlak sehingga tidak terbatas dengan waktu, dalam arti sholat sunat tasbih dapat dilaksanakan kapan saja siang maupun malamnya asalkan jangan pada waktu yang telah ditetapkan oleh hukum Islam tidak boleh melaksanakan sholat.

Dengan sholat tasbih kita akan lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT karena arti dari pada tasbih itu adalah membersihkan, Alloh SWT Dzat maha bersih kita pun dalam perjalanan menuju Alloh SWT harus dengan keadaan bersih baru kita akan sampai di khadrat Ilahi secara ruhani, alangkah bahagianya dan mulianya orang ketika telah bisa membersihkan diri dari segala dosa dan noda.

Adapun bilangan rakaat sholat tasbih itu ada 4 rakaat dengan cara bisa 4 rakaat 1 kali salam bisa juga 4 rakaat dalam 2 kali salam, kalau dilaksanakan pada siang hari, namun untuk malam hari harus di 2 kali salamkan. Sholat ini dinamakan sholat tasbih karena didalamnya terdapat banyak bacaan tasbih sehingga dalam 4 rakaat itu terdapat 300 x tasbih. Sholat tasbih memiliki banyak fadhilah, manfaat, keutamaan dan hikmah yang perlu kita miliki untuk menuju kesuksesan dunia dan akherat..

Tata Cara Niat Dan bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih

Waktu melaksanakan sholat tasbih bisa pada waktu siang dan malam dengan cara perorangan karena sholat tasbih tidak termasuk shalat yang disunatkan berjama’ah. Menurut mazhab Syafi’i, shalat sunat yang disyari’at berjama’ah maka disunatkan berjama’ah dan diberikan pahala karenanya dan yang tidak disyari’atkan jama’ah maka tidak disunatkan berjama’ah dan tidak mendapatkan pahala jama’ah karena tidak disyari’atkan berjama’ah tetapi pahala shalat sunat tetap ada dan tidak gugur sesuatupun.

Berikut ini adalah tata cara dan bacaan lafadz niat sholat tasbih dengan benar sesuai dengan jaran Rosululloh SAW seperti di bawah ini:

Bacaan Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat Arab Latin Dan Artinya:

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى


USHOLLII SUNNATA TASBIIHI RAKATAAINI LILLAHI TA'AALA

Artinya: Niat Aku shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah

Bacaan Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat Arab Latin Dan Artinya:

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال


USHOLLII SUNNATA TASBIIHI ARBA'A RAKAATIN LILLAHI TA'AALA

Artinya: Niat shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah

Adapun tata cara/ panduan sholat tasbih di antaranya:
1. Saat berdiri rakaat pertama:
(a) Membaca takbirotul ihrom
(b)Membaca doa iftitah
(b) Membaca surat Al-Fatih
(c) Membaca surat pendek. Rakaat I: At-Tatsur; Rakaat II: Al-Ashr; Rakaat III: Al-Kafirun; Rakaat IV: Al-Ikhlash.
(d) Membaca bacaan tasbih sebanyak 15x : سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله الله اكبر
2. Saat ruku' membaca bacaan tasbih 10x:
3. Bangun dari ruku' membaca bacaan tasbih 10:x
4. Saat sujud pertama membaca tasbih 10x:
5. Bangun dari sujud pertama membaca doa tasbih 10x:6. Saat sujud kedua membaca tasbih 10x
7. Bangun dari sujud untuk rakaat kedua duduk dulu membaca tasbih 10x
Jadi jumlah 75 x 4=300 kali bacaan tasbihnya

Setelah selesai melaksanakan sholat tasbih kemudian berdoa dengan bacaan doa:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ اْلهُدَى وَ أَعْمَـالَ أَهْلِ اْليَقِيْنِ وَ مُنَاصَحَةِ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَ عَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَ جِدَّ أَهْلِ اْلخَشْيَةِ وَ طَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَ تَعَبَدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَ عِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أُخَافَكَ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلاً أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَ حَتَّى أُنَاصِحُكَ فِى التَّوْبَةِ وَ خَوْفًا مِنْكَ وَ حَتَّى أُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَ حَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَ أُحْسِنَ الظَنِّ بِكَ سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ. رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْلَنَا إِنَّكَ عَلَى كُّلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.


“ Ya Allah, aku memohon kepada-Mu taufiq Orang-orang yang mendapat petunjuk, amalan Orang-orang yang mempunyai keyakinan kuat, ketulusan Orang-orang yang bertaubat, keteguhan hati Orang-orang yang sabar, kesungguhan Orang-orang yang takut kepada-Mu, permohonan Orang-orang yang mengharapkan-Mu, Ibadah ( ketaatan ) ahli wira’I dan kebijakan ahli ilmu, sehingga aku takut kepada-Mu. Ya Allah aku memohon kepada-Mu perasaan takut yang dapat menhalangiku berbuat maksiat, sehingga aku dapat melakukan suatu amalan untuk mentaati perintah-Mu, yang dengan amalan itu aku berhak mendapat ridho-Mu, hingga aku sanggup memurnikan taubatku karena takut kepadamu. Mengikhlaskan nasihat-Mu karena cintaku kepada-Mu. Dan aku bertawakkal kepada-Mu dalam segala urusan karena persangkaan baikku kepada-Mu Maha Suci Dzat yang menciptakan cahaya. Ya Tuhan kami sempurnakanlah cahaya untuk kami dan ampunilah kami sesungguhnya engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Penyayang.

Demikian yang dapat kami jelaskan  "Tata Cara Niat Dan bacaan Doa Setelah Sholat Tasbih", begitu juga kami sebelumnya telah menyajikan bacaan doa sebelum dan sesudah makan dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini kita bisa lebih meningkatkan dalam berbagai amal amalan sunnah dengan harapan mendapat ridho Alloh SWT.

Advertisement