Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Yang Benar. Sholat tahajud adalah merupakan sholat sunnah yang dikerjakannya pada waktu malam hari atau bisa juga di sebut qiyamul lail dan dilaksanakannya sholat tahajud itu harus sesudah tidur walaupun hanya ti durnya sebentar, tapi kalau seandainya kita tidak bisa tidur pada malam itu tapi kita ingin melaksanakan sholat itu bisa juga namun bukan sholat tahajud paling kita bisa melaksankan sholat tasbih, taubat, hajat, witir atau bisa juga sholat sunnah mutlaq.

Dengan melaksanakan sholat tahajud itu yang pertama kita harus di kerjakan adalah niat, karena niat termasuk salah satu kewajiban atau rukun pertama dalam pelaksanaan sholat tahajud begitu pula dalam setiap amal ibadah niat dijadikan kewajiban utama sehingga kalau tidak pakai niat maka amalan kita itu tidak menjadi ibadah itu hanya amalan-amalan biasa saja (pekerjaan adat) tidak akan mendapatkan pahala Dari Alloh SWT, maka kalau ingin kita mendapatkan pahala maka setiap amalan harus pakai niat.

Adapun waktu untuk melaksanakan sholat tahajud kita bisa pada malam itu terbagi tiga, pertama waktu sepertiga malam pertama ialah kira–kira pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00 malam (Waktu Saat Utama), Kedua waktu sepertiga kedua malam ialah kira–kira pukul 22.00 malam sampai dengan pukul 01.00 dini hari (Waktu ini yang lebih utama) dan ketiga waktu sepertiga ketiga ialah waktu kira–kira dari jam 01.00 dini hari sampai dengan waktu menjelang terbitnya fajar atau waktu shubuh (Waktu yang paling sangat utama).

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Untuk bilanga rakaat sholat tahajud itu minimal dua rakaat dengan satu salam, maksimalnya ada yang mengatakan 8 hingga 12 rakaat. Bahkan ada juga yang menyebutkan rakaat sholat tahajud tidak ada batas maksimal rakaat. Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud alangkah baiknya kita akhiri dengan bacaan doa setelah sholat tahajud sebagi mana doa sholat tahajud yang sering kali Rosulullo SAW melaksanakannya.

Untuk lebih jelasnya Tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat tahajud bisa simak dan kita ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Lafadh niat sholat tahajud arab latin dan artinya adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنّةَ التَهَجُدِ رَكْعَتَيْنِ ِللَهِ تَعَاليَ


bahasa latin : Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya:Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.

Tata Cara Sholat Tahajud

1. Membaca niat sholat tahajud seperti yang terlah tertulis di atas dengan suara yang pelan saja, diikuti dengan artinya di baca dalam hati.

2. setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir, (membaca Allahhuakbar) sambil tangannya di angkat ke atas

3. Kemudian membaca doa iftitah (sunah)

4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dan lain-lain

5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

Setelah salam disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, kemudian membaca doa sholat tahajud.



Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya :“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Dengan dalil dan hadist tentang sholat tahajud adala sebagai mana Imam Romli dalam karyanya Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj menyebutkan :

ويسن (التهجد) بالإجماع لقوله تعالى {ومن الليل فتهجد به نافلة لك} [الإسراء: 79] ولمواظبته - صلى الله عليه وسلم - وهو التنفل ليلا بعد نوم


Artinya : Shalat Tahajjud disunnahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah Taala (dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu(QS. Al-Isra’ ; 79)) dan juga berdasarkan ketekunan nabi Muhammad SAW dalam melaksanakannya. Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah di malam hari setelah tidur.(Syihabuddin Al-Ramli, Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj, Beirut-Dar al fikr, 1404 H., hal. 131 juz 2.)

Dengan nada yang sama Syekh Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi menyebutkan :

وتهجد- أي: تنفل بليل بعد نوم


قوله: بعد نوم- ولو يسيرا، ولو كان النوم قبل فعل العشاء، لكن لا بد أن يكون التهجد بعد فعل العشاء، حتى يسمى بذلك وهذا هو المعتمد


Artinya : Dan sunnah melaksanakan shalat tahajjud, yaitu shalat sunnah setelah tidur.

Penjelasan dari frasa (setelah tidur) : walaupun tidur sebentar dan tidurnya dilakukan sebelum shalat Isya, tapi shalat tahajjud tetap dilakukan setelah shalat Isya. Oleh sebab itulah shalat ini disebut shalat Tahajjud(tahajjud : tidur di waktu malam) dan inilah pendapat yang Mu’tamad/kuat.(Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi, Hasyiyatul Bujairomi ala Syarhil Minhaj, Mathba’ah Al-Halabi, 1369 H., hal. 286 Juz 1)

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat tahajud arab latin lengkap dengan artinya, begitu juga kami sajikan pada artikel berikutnya tata cara sholat dhuha, doa sholat dhuha, sholat istikharah, sholat, jamak qashar, sholat Idul fitri, Idul Adha, sholat janazah dan masih banyak lagi yang lainnya makany terus saja update disini. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Advertisement