Tata Cara Niat Sholat Dhuha Dan Keutamaannya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Sholat Dhuha Dan Keutamaannya. Sholat dhuha adalah sholat termasuk sholat sunnah mu'aqatatah (yang mempunyai waktu) yaitu dilaksanakannya di pagi hari kurang lebih 10 menit dari terbitnya mata hari sampai dengan waktu jawwal (sepenggalan matahari) menjelang waktu dzuhur dengan ketentuan hukum dalam ajaran agama Islam.

Waktu dhuha adalah merupakan waktu yang sangat epektif bagi kita semua untuk memohaon di permudah mendapatkan rizqi yang banyak dan halal kepada Alloh SWT. Sebagi mana dalam Hadist HR Tirmidzi bahwa siapa yg mengamalkan Shalat Dhuha maka ia akan mendapatkan rezeki yang lebih banyak dari harta rampasan perang, baik dalam hal kuantittas harta atau keberkahan harta tersebut maka pegunakanlah waktu itu untuk melaksanakan sholat dhuha.

Begitu juga dalam sebuah hadits yang artinya, "Abu Hurairah berkata, `Nabi Muhammad Saw. berwasiat kepadaku dengan dua rakaat dhuha." Itban bin Malik berkata, "Pada suatu pagi Rasulullah Saw. berkunjung kepadaku bersama Abu Bakar setelah siang mulai terasa panas. Maka, kami pun membuat shaf di belakang beliau (bermakmum) dan beliau shalat dua rakaat." (HR Bukhari).

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Waktu Sholat Dhuha

Alangkah baiknya kita sebelum beraktifitas terlebih dahulu melaksanakan sholat dhuha, seperti halnya orang kantor sebelum mengantor, orang buruh sebelum pergi ketempat buruhnya, petani sebelum berangkat kesawah atau ladang supaya nampak keberkahan harta kita yang akan di dapatinya dengan banyak dan halal sehingga kita mendapatkan keridhoan dari Alloh SWT.

sholat dhuha dilaksanakan minimal 2 rakaat dengan satu kali salam dan maksimal 12 rakaat, dilakukan secara munfarid (sendirian). kalau yang 12 rakaat caranya bisa setiap 2 rakaat satu salam bisa juga 4 rakaat satu kali salam begitu seterusnya. Dengan sholat dhuha memiliki banyak Manfaat, Fadhilah, hikmah, serta keutamaannya karena waktu dhuha termasuk waktu yang istimewa.

Adapun tata cra pelaksanaan sholat sunnah dhuha itu sama saja seperti melaksanakan sholat-sholat sunnah biasa seperti sholat tahajud, sholat tasbih, sholat hajat, sholat taubat, sholat awwabin, sholat idul fitri, idul adha, bawkan sama juga dengan sholat fardhu hanya yang membedakannyaadala padabacaan niatnya saja. Maka dengan itu untuk lebih jelas tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat dhuha arab latin lengkap dengan artinya yang benar menurut ajaran agama Islam seperti di bawah ini:

Bacaan Niat Sholat Dhuha Arab Latin Dan Artinya


اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى


Ushalli sunnatadhhuhaa rak’ataini lillahi ta’aaala”
Artinya: “Aku niat shalat sunnah dhuhaa duaa rakaat, karrena Allah taala.”


1. Niat sholat dhuha diucapkan didalam hati bersamaann pada saat takbiratul ihram.
2. Setelah berniat maka untuk selanjutnya membaca doa iftitah
3. Kemudian membaca surah Fatihah
4. Lalu membaca sunnah membaca surat-surat, seperti pada rakaat pertama membaca Asy-Syam dan rakaat kedua surat AL-lail.
5. Lalu ruku’ dan sambil membacakann tasbih sebanyak tiga kali
6. Kemudian i’tidal dan dengann membaca bacaan i’tidal.
7. Setelah itu sujud pertama dengan membaca bacaan sujud.
8. Kemudian duduklah diantara dua suju dan lalu membacakan bacaan duduk shalat.
9. Pada sujud kedua, bacalah pada bacaan sujud kedua tersebut sebanyak tiga kali.
10.Setelah rakaat pertama telah diselesaikan, maka lakukanlah rakaat kedua pada rakaat pertama, kemudian pada Tasyahhud akhir dengan di akhiri membaca salam. begitulah seterusnya pada rakaat-rakaat yang lainnya.

Setelah selesai sholat dhuha langsung berdoa dengan bacaan doa seperti di bawah ini:

Bacaan Doa setelah Sholat Dhuha Arab Latin Serta Artinya.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya :“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Demikian yang dapat kami sampaikan Tata cara niat dan bacaan doa setelah waktu sholat dhuha arab latin lengkap dengan artinya serta manfaat, fadhilah, hikmah dan keistimewaannya, begitu juga kami sajikan tata cara sholat tahajud, Doa sholat tahajud, sholat taubat dan doanya, sholat tasbih dan doanya, dan masih banyak lagi yang lainnya. semoga dengan adanya artikel kami ini dapat brmanfaat bagi kit semua.

Advertisement